Sabtu, 01 September 2012

ada komunitas di dalam setiap populasi



Selain populasi, ternyata penting juga mempelajari apa yag disebut komunitas. Kenapa? Karena setiap kelompok di dunia ini selalu memiliki komunitas, yaitu suatu kumpulan yang hidup atau tinggal secara bersama-sama di dalam suatu lingkungan tertentu. 
Misalnya: di sebuah hutan dimana banyak tinggal bermacam-macam hewan, ada sekelompok rusa yang memiliki kebiasaan hidup tersendiri.
Sekelompok rusa itulah yang dinamakan komunitas.  


di sebuah kota terdapat sekelompok orang yang secara berkala bertemu untuk mengadakan suatu kegiatan tour menggunakan motor Harley Davidson misalnya, itu juga merupakan sebuah komunitas.

 Dan keberadaan komunitas ini akan selalu ada dimanapun populasi ada. Komunitas dalam sebuah populasi ini sewaktu-waktu bisa berubah. Perubahan ini sering disebut dengan suksesi ekologi.
Perubahan bisa terjadi pada jenis atau pun jumlah makhluknya. 

Ada dua hal yang membedakan perubahan dalam komunitas ini, yaitu; perubahan primer dan perubahan sekunder
Perubahan primer adalah adanya tempat baru bagi sebuah atau beberapa populasi. 
Misalnya, sebuah pulau yang terbentuk akibat letusan gunung berapi, setelah bertahun-tahun lamanya ternyata telah dihuni oleh berbagai makhluk hidup yang beraneka ragam.

Sedangkan perubahan sekunder adalah perubahan yang terjadi akibat adanya gangguan tertentu, 
misalnya terjadinya kebakaran hutan menyebabkan hancurnya berbagai populasi yang ada di dalamnya. Kemudian, lambat laun akan berganti dengan populasi yang baru pada beberapa tahun berikutnya. Begitu seterusnya sehingga tidak akan pernah punah populasi pada suatu daerah tertentu selama masih terus tergantikan dengan populasi-populasi lainnya yang sama ataupun yang berbeda.

Hanya kehancuran dunia ini saja yang akan menghancurkan seluruh populasi yang ada di dalamnya. Dan selama kita masih terus mempelajarinya, masih selalu ada jalan untuk menikmati dan menjaga apa yang ada di dunia ini sebagai sebuah populasi yang besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar