Sabtu, 01 September 2012

teknik acak


Teknik acak sering dipakai dalam pengambilan sampel karena dianggap lebih obyektif atau terbebas dari intervensi subjektivitas peneliti. Teknik acak dapat dapat dibagi menjadi :
  1. Teknik acak sederhana
Pada teknik ini semua anggota sampel dianggap memiliki karakteristik yang sama. Sehingga setiap bagian populasi yang terambil sebagai sampel dapat mewakili populasinya. Teknik ini hanya dapat digunakan dalam populasi yang homogen atau populasi yang keragaman opulasinya tidak diketahui. Jika sebaran populasi tidak merata maka teknik ini akan menghadapi problem sample kecil, yaitu tidak terwakilinya keragaman populasi dalam sampel yang diambil.
  1. Teknik acak sistematis
Cara ini seperti pada cara acak sederhana, sedikit bedanya ada pada cara pengacakan pengambilan sampel. Pada cara ini sampel yang diambil berdasarkan urutan nomor dengan menggunakan selang.
  1. Teknik acak kelompok
Teknik ini merupakan campuran dari teknik pilihan dan acak. Sebelum dipilih populasi akan dibagi dahulu dalam kelompok-kelompok yang homogen berdasarkan sumber keragaman yang telah diketahui. Setelah itu barulah dari tiap-tiap kelompok diambel sampel yang mewakili kelompok tersebut. Cara ini lebih kuat dari pada teknik acak sederhana dari segi keragamannya.
  1. Teknik acak bertingkat
Penarikan contoh melalui teknik ini sebenarnya tidak berbeda dengan teknik acak kelompok, bedanya adalah pengelompokannya dilakukan berdasarkan tingkatan atau kelas tertentu.
  1. Teknik acak berlapis
Teknik ini cara pengelompokannya dilakukan secara berlapis dimana lapisan terkecil merupakan anggota dari lapis yang lebih besar.
Berkaitan dengan teknik pengambilan sampel secara acak ini perlu dipahami bahwa dalam kenyataannya jarang ditemui populasi yang benar-benar seragam (homogen). Dilain pihak seringkali masih sulit membedakan antara teknik acak berlapis dengan teknik acak bertingkat. Karena itu paling aman dapat ditetapkan dengan acak kelompok banyak tahap atau multi stage cluster random sampling. Yang dimaksud dengan teknik acak kelompok banyak tahap sebenarnya tidak berbeda dengan acak kelompok. Bedanya adalah pada teknik ini pengelompokannya dilakukan dengan beberapa tahap.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar