Sabtu, 01 September 2012

faktor faktor


Faktor-faktor yang Mempengaruhi Populasi

Dalam dua bidang geografi dan biologi, mengingat populasi merupakan kata yang erat hubungannya dengan makhluk hidup, maka ada banyak faktor yang mempengaruhi keberadaannya di dunia ini. Ada dua faktor besar yang mempengaruhi populasi dalam hal ini, yaitu faktor jumlah dan faktor lingkungan.

Faktor jumlah   : sebuah populasi bisa hidup dengan ideal dan berlanjut aman jika jumlah yang ada masih tergolong ideal. Faktor jumlah ini sebenarnya tidak bisa lepas dari faktor lingkungannya. Semakin ideal jumlah anggota dalam sebuah kelompok, semakin tinggi pula tingkat keamanan dan kelangsungan hidup yang bisa diraih.
Inti : jika jumlah suatu kelompok semakin lama semakin berkurang, maka hal itu bisa merupakan tanda-tanda kepunahan
Misalnya, jumlah komodo di dunia ini yang semakin lama semakin sedikit, maka perlu diadakan upaya pelestariannya sehingga populasi komodo tidak akan mengalami kepunahan.

faktor lingkungan : Semakin baik lingkungan, semakin bagus pula jumlah populasi yang ada. Lingkungan disini mencakup ketersediaan jumlah makanan, predator atau pemangsa, persaingan antara sesama makhluk hidup berjenis sama atau pun berbeda, iklim atau cuaca, dan juga adanya sebuah penyakit.
Seperti pada manusia misalnya, selama persediaan air dan sumber-sumber makanan di dunia ini masih banyak sehingga tidak akan terjadi perebutan yang tidak sehat, iklim dan cuaca yang masih bersahabat dengan keadaan tubuh manusia, dan tidak adanya wabah penyakit yang menyerang secara besar-besaran, maka populasi di dunia ini masih akan terus bisa bertahan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar